Minggu, 22 Januari 2012

Mencari Temen Curhat Sejati

Tips Ala Santri
"Mencari Teman Curhat Sejati"
Salam sejahtera selalu buat temen-temen, kita berharap kamu semua dalam kondisi terbaik, lahir bathin. Hanya dengan kondisi terbaik itulah kita akan mampu menghadirkan karya dan prestasi terbaik dalam hidup kita…Kalo antum-antum bisa terus menghadirkan karya dan prestasi terbaik, I believe in you that yo'll do best for your live, please smile…. Namun shobat, tidak semua  yang kita harapkan dan semua yang kita rencanakan bisa berjalan mulus, semulus angan-angan. Pasti ada saja, kondisi baik internal diri kita atau eksternal diri kita yang bisa membuat BAD MOOD alias bete', semangat mengendur, bawaannya malas melulu, pengen marah terus, loyonan, pokoknya dunia gelap kelabu. Sudah menjadi kodrat manusia akan selalu mengeluh jika tertimpa suatu masalah. Apakah sesuatu benar-benar masalah atau hanya kita yang selalu menganggap persoalan yang gak pas dengan hati kita sebagai masalah? Itu semua memang tergantung dari persepsi kita akan segala sesuatu. Coba, kita balik kebiasaan buruk kita itu dengan selalu berfikiran positif tentang segala sesuatu yang  kita temui dalam kehidupan, sembari pada saat yang sama tingkatkan intelektualitas dan kepekaan emosi kita. Karna semakin tinggi tingkat pemahaman dan emosi seseorang, maka Insyaallah akan semakin bijak seseorang dalam memahami dan menghadapi segala hal baru yang di rasa tidak sesuai dengan dirinya. Satu hal yang perlu di ingat bahwa "Masalah jangan di cari tapi kalau ketemu jangan lari ". Siapa dalam hidup ini yang kepingin terus bermasalah, Hidup aja udah Masalah. Tapi kita harus yakin, setiap kita menemui masalah, itu berarti tantangan agar kita semakin bersikap dewasa (masa transisi), masalah-masalah yang kita hadapi, harus di sikapi sebagai kesempatan untuk bersikap lebih bijak dalam hidup. Namun, biasanya masalah itu tidak bisa di selesaikan sendiri, sehingga membuat kita bosen, jenuh, dan hidup terasa gak bergairah, seperti  dalam maqolah "problematika yang berlarut-larut dalam diri seseorang, bagaikan awan hitam yang menyelimuti jagat raya, semuanya tampak gelap" maka dari itu kita butuh seseorang yang pas di jadikan temen curhat yang bisa memberikan solusi terhadap masalah yang kita hadapi. Persoalannya adalah bagaimana sih memilih temen curhat yang tepat, agar masalah bener-bener menemukan solusi brilian, berikut ini tips-tips yang di harapkan bisa ngebantu kita nyelesain masalah yang kita hadapi
1)PAHAMI MASALAHNYA.
Temen MHD, curhat bukan hanya urusan cewek, meski memang faktanya ceweklah yang lebih mudah curhat masalah yang dihadapinya. Yang perlu diingat sekali lagi, tidak semua  yang kamu anggap MASALAH adalah masalah. Jangan-jangan hanya salah persepsi (anggapan) sehingga semuanya tampak serba masalah. Jika memang sebagai masalah, jangan curahkan seluruh energi pada masalah tersebut…'eman-eman donk!', antum kan juga punya banyak hal lain yang juga harus di selesaikan, maka, langkah pertama, Pahami dulu duduk permasalahannya, Dimana letak ujung masalah itu. Ketika kita  tertimpa masalah ambil jarak dari masalah itu, renungkan apa sebenarnya yang menjadi pokok masalah, Jangan hanyut oleh sayap-sayap masalah yang sebenarnya akan langsung beres jika pokok masalahnya dibereskan dulu.
2)TENTUKAN PATNER CURHAT
Sobat, Antum pasti punya temen deket atau sahabat, tapi inget, tidak semua teman atau sahabat bisa menjadi temen curhat yang tepat. Dalam memilih temen curhat ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
Pertama, Pastikan dia bersedia di jadikan tempat curhat, karena tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik, atau menjadi 'tong sampah' permasalahan orang lain.
Kedua, Pastikan bahwa kerahasiaan masalahmu terjaga, jangan sekali-kali curhat sama 'ember bocor' atau bigos alias 'biang gosip'. Bisa-bisa bukan solusi yang antum dapatkan, malah memperkeruh masalah yang ada, masalahmu kesebar kemana-mana, bukan solusi malah berantem dengan sahabat sendiri. Karenanya, pilihlah orang  yang tepat.
Terakhir , Pastikan bahwa dia paham atau memiliki kemampuan tehadap masalahmu, seperti masalah pelajaran, antum bisa langsung pada temen yang lebih mampu atau pada guru.
3)PASTIKAN DAPAT SOLUSI, BUKAN SEBALIKNYA
Kawan, Banyak dari antum-antum yang sebenarnya hanya ingin curhat saja, tapi tidak ingin mencari solusi. Buktinya, banyak remaja curhat tapi tidak membuka diri ketika diberi masukan, tetap aja egois dengan pendiriannya. Lha apa manfaatnya curhat, memang sih, secara psikologis, curhat aja udah mengurangi 30% masalah yang ada, Karena dengan curhat ada kepuasan psikis, tapi kan tujuan utamanya adalah solusi. Maka setelah antum temukan tempat curhat yang tepat, antum harus bener-bener terbuka dengan patner curhatmu, buka hati antum agar bisa menerima masukan yang diberikan, seperti halnya pasien yang datang ke dokter, bagaimanapun dokter akan lebih tahu, ngak usah di tutup-tutupi, karenanya pilih patner curhat yang bener-bener ahli dibidangnya atau setidak-tidaknya lebih faham dari antum.
SIAPAKAH TEMEN CURHAT SEJATI..?
Temen-Temen senasib seperjuangan, Sebenarnya siapa sich tempat curhat yang paling tepat, yang paling mengerti masalah kita, yang berjanji tidak akan membuka masalah kita kepada orang lain, yang akan selalu siap mendengar keluh kesah kita kapanpun kita mau, yang selalu memberikan jalan keluar dari setiap masalah yang kita hadapi..?
Sobat…..Bukankah ALLAH swt adalah patner curhat yang paling tepat, bukankah DIA yang paling mengerti masalah kita, Dia berjanji tidak akan membuka masalah kita kepada orang lain, Dia akan selalu siap mendengar keluh kesah kita kapanpun kita mau, Dia selalu memberikan solusi dari setiap masalah yang kita hadapi. LALU…, mengapa kita selalu didera kebingungan kepada siapa kita mengadu… Ingatlah..!!! bahwa gerak hatimu menjadi ukuran seberapa tingi hubunganmu dengan ALLAH. Jangan-jangan Allah hanya kau imani sebagai pencipta alam semesta ini tapi sama sekali kau anggap tidak berkuasa atas segala apa yang menimpamu sehingga kau tidak perlu lagi mengadu kepada-NYA, kau anggap Allah berada diluar masalah yang tengah kau hadapi, padahal Allah ingin engkau lebih dekat dengan-NYA Kalau antum begitu terbuka kepada sahabatmu, mengapa Allah yang bahkan lebih dekat dari urat lehermu malah antum abaikan, sahabatmu mungkin hanya mendengar dengan telinga tapi hatinya siapa yang tahu. Tapi Allah, Dia sudah mengetahui bahkan sebelum engkau mengucapkannya. Kalau engkau bisa begitu manja kepada orang tuamu agar mereka membantu menyelesaikan masalahmu dan memenuhi segala kebutuhanmu, mengapa kepada Allah yang tanpa engkau minta sudah memberikan segala yang kau butuhkan, malah engkau anggap tidak pernah peduli padamu…?
Berapa lama sahabatmu  mampu menjaga rahasia masalahmu. Mereka akan menjaga rahasia itu ketika engkau dekat denngan mereka. Ketika engkau jauh…? Adakah jaminan bahwa rahasiamu akan tetap terjaga? Bukankah Allah akan terus menjaga rahasiamu. Berapa banyak yang orang tuamu berikan dan berapa lama mereka akan tetap mendampingimu. Mungkin sebentar lagi keduanya akan meniggalkanmu atau malah engkau yang dulu meninggalkan dunia ini. Bukankah Allah akan selalu ada kapanpun kau butuhkan, bukankah Allah sudah menyediakan segala kebutuhan kita, bukankah Allah yang paling tahu solusi dari masalah kita……LALU, dimanakah tanganmu yang selalu tengadah itu? Dimanakah hatimu yang selalu bergetar, ketika namanya disebut? Dimanakah linangan air matamu, ketika engkau ditengah malam mengadu kepada-NYA?... Sujudlah wahai shobat, sujudlah hanya kepada Allah, Angkatlah tanganmu, berdoalah, mengadulah kepada-NYA, Dialah tempat utama kita mengadukan segala permasalahan yang kita hadapi… "Allahumma laka al hamdu wa laka assyukru wa anta al mustaan wa ilaika al mustaka"...... Kawan, kini berdirilah dan lihatlah ke sekeliling kita, betapa masalah kita bukanlah apa-apa jika dibanding dengan saudara-saudara kita yang jauh lebih banyak memiliki  masalah dari kita, lebih pedulilah pada mereka agar kita lebih bisa mensyukuri hidup, tidak mudah hanyut dalam masalah, yakinlah bahwa dalam setiap kesuitan  Allah akan memberikan jalan keluar.
By: Cah' Shufie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar